Wednesday, July 3, 2013

Tidur Cukup Hindarkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Tidur Cukup Hindarkan Risiko Penyakit KardiovaskularMELAKUKAN olahraga, diet sehat, membatasi konsumsi alkohol, serta tidak merokok dapat meningkatkan manfaat dari tidur malam yang baik, yaitu terhindar dari penyakit kardiovaskular (CVD).

Menurut sebuah hasil penelitian menunjukkan, kombinasi dari empat kebiasaan gaya hidup sehat sederhana tersebut berhubungan dengan risiko 57 % lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular (non-fatal). Selain itu, empat kebiasaan gaya hidup sehat tersebut juga berhubungan dengan risiko 67 % lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular fatal.

Ketika seseorang mendapatkan tidur yang cukup (didefinisikan sebagai tujuh jam atau lebih), ditambah dengan melakukan empat gaya hidup sehat tersebut, manfaat dari perlindungan pun akan didapat. Bahkan, risiko terkena penyakit jantung jauh lebih rendah (sebanyak 65% lebih) dan 83% untuk kejadian fatal.

"Jika semua menjalankan lima faktor gaya hidup sehat tersebut, 36% dari penyakit kardiovaskular, dan 57% dari kardiovaskular fatal secara teoritis dapat dicegah atau ditunda. Selain itu, dampak kesehatan juga bisa sangat besar dirasakan masyarakat dengan durasi tidur yang cukup, di samping mengombinasikannya dengan faktor gaya hidup sehat,?jelas peneliti, dikutip Medicalxpress.

Dengan durasi tidur yang cukup sudah dapat mengurangi risiko kardiovaskular sekira 22%, dan kardiovsakular fatal sekira 43% bila dibandingkan mereka yang kurang tidur.

Studi ini sendiri telah dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology. Selain itu, penelitian ini merupakan yang pertama untuk menyelidiki apakah penambahan durasi tidur untuk empat faktor gaya hidup sehat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment