Tuesday, July 23, 2013

Waspada Konsumsi Kuliner Pinggir Jalan Saat Puasa

Waspada Konsumsi Kuliner Pinggir Jalan Saat PuasaSELAMA bulan puasa, Anda harus berhati-hati mengonsumsi kuliner pinggir jalan. Higienitas yang kurang terjaga memungkinkan Anda terserang penyakit.

Dr Wafa Redwan, seorang dokter anak Halah Essa Bin Laden Polyclinic di Jeddah, mengatakan bahwa makanan favorit Ramadan adalah makanan tradisional atau pinggir jalan yang berada di tempat terbuka. Makanan ini sangat berbahaya, bahkan bisa mengancam kesehatan anak-anak.

Redwan menambahkan bahwa sejak ramadan, dirinya telah banyak menerima pasien dengan keluhan gastritis serta kasus-kasus serius lainnya. Penyebabnya lantaran makanan yang tidak higienis, seperti dilansir Albawaba, Selasa (23/7/2013).

Selain itu, Dr Sobhia Mahmoud, dokter keluarga di New Jeddah Hospital Clinic, mengatakan bahwa di bulan puasa memang banyak orang lebih memilih membeli makanan di luar karena lebih mudah. "Banyak yang tidak menyadari bahwa dengan mencoba menghemat waktu dan lebih praktis, mereka sebenarnya mengambil risiko terhadap kesehatannya," paparnya.

Selama tahun lalu, Jeddah Municipality telah menindak restoran dan pedagang yang menjual makanan busuk pada pelanggan. Kenyataannya, bulan lalu ada tiga restoran ternama ditutup karena melanggar norma-norma kesehatan dengan menjual makanan terkontaminasi bakteri. Menurut catatan Jeddah Municiplaity, lebih dari 2.500 restoran ditutup terkait hal tersebut. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment