Friday, July 26, 2013

Mengenal Penyakit Dystonia, Gangguan Gerakan pada Tubuh

Mengenal Penyakit Dystonia, Gangguan Gerakan pada TubuhPERNAHKAH melihat seseorang yang tak bisa mengontrol gerakan tangan atau kakinya berulang-ulang saat di jalan? Bila iya, mungkin orang itu mengalami penyakit dystonia.  
Ya, penyakit itu sekarang mulai sering ditemukan di tengah masyarakat, namun sayangnya masih sedikit masyarakat yang mengetahui penyakit  tersebut. Untuk itu, mengetahui penyakit ini perlu, agar Anda tak salah paham memaknai penyakit dengan pasien. Lantas, penyakit apa dsytonia itu?
 
"Dystonia merupakan gangguan otot yang membuat tangan bergerak di luar kendali seseorang. Di mana dystonia ditandai dengan kontraksi otot atau gerakan berkelanjutan sehingga selalu menggerakan suatu otot tubuh secara berulang-ulang, dan itu bisa menyakitkan dan membuat menurunkan kepercayaan dirinya bila terjadi di depan banyak orang. Karenanya, gangguan ini memiliki dampak signifikan pada kesehatan fisik dan psikologis pasien," ucap Dr Arun Garg, Konsultan Senior di Neurology dari Medanta Medicity, seperti dilansir Healthmeup.
 
Selain itu, tambah dia, gangguan otot ini dapat melibatkan seluruh tubuh, beberapa otot ataupun hanya satu otot saja, kondisi itu sangat mungkin menghambat kehidupan sehari-hari.
 
"Pada ukuran anak gejala dystonia ini muncul pertama kali di kaki dan tangan, baru berkembang dengan cepat ke seluruh tubuh. Sedangkan untuk masa dewasa awal, biasanya dimulai pada tubuh bagian atas dan selanjutnya merembet ke bagian lain secara perlahan," imbuh Dr. Arun.
 
Sementara itu dystonia ini tak boleh disalahartikan sebagai penyakit parkinson, hal ini karena sudah berbeda kemunculan gejala yaitu pada dystonia sudah bisa dialami seseorang di masa dewasa awal sedangkan parkinson hanya dialami seseorang di atas umur 40 tahun.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment