Friday, July 26, 2013

Setop Minum Obat Kolesterol, Risiko Parkinson Mengancam?

Setop Minum Obat Kolesterol, Risiko Parkinson Mengancam?BILA Anda sedang mengonsumsi obat penurun kolesterol untuk menurunkan kadarnya, sebaiknya jangan berhenti meminumnya. Hal ini karena dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit Parkinson atau penyakit degeneratif otak.

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 43.000 pengguna obat penurun kolesterol atau statin dilakukan para ilmuwan di The National Taiwan University menemukan, mereka yang berhenti minum statin larut dalam lemak seperti, simvastatin dan atorvastatin 58 % lebih mungkin terkena penyakit Parkinson dibandingkan mereka yang terus meminum obat.

Namun, mereka juga menambahkan, tidak ada hubungan yang ditemukan untuk obat statin yang larut dalam air, seperti pravastatin dan rosevastatin yang kurang mampu melintasi pengahalang darah.

Lebih lanjut, juru bicara The Parkinson Charity Inggris mengatakan, tersedia bukti yang paling menarik, yaitu orang yang mengonsumsi statin jenis tertentu dapat memeroleh manfaat penurunan risiko Parkinson.

?Langkah berikutnya adalah untuk mengetahui persis bagaimana statin bekerja dalam otak untuk melindungi sel-sel saraf yang mati ketika Parkinson berkembang,?ujar Director of Research and Innovation Charity, Dr. Kieran Breen yang dikutip Netdoctor. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment