Wednesday, July 24, 2013

Perlukah Anak Laki-laki Divaksinasi HPV?

Perlukah Anak Laki-laki Divaksinasi HPV?ANAK laki-laki berusia 11-21 tahun sebaiknya diberikan vaksinasi human papilomavirus (HPV) untuk melindungi anak laki-laki dan perempuan terhadap virus dan penyakit yang berkaitan.

Hal tersebut seperti dikatakan sebuah penelitian di Inggris, dan mereka juga menyarankan kepada semua gadis berusia 12 sampai 13 tahun diberikan vaksin untuk melindungi mereka terhadap kanker serviks.

Namun, penelitian dalam The journal Sexually Transmitted Infections menyarankan, vaksinasi terhadap laki-laki juga bisa memainkan peran penting dalam mengurangi berbagai jenis tingkat kanker, baik pada pria maupun wanita.

Lebih lanjut, para peneliti di University of Toronto melihat hasil 16 studi terpisah yang melibatkan lebih dari 5.000 orang di Kanada, dimana vaksin HPV baru-baru ini diberikan kepada laki-laki dan memiliki tingkat adopsi. Sebaliknya, kurang dari satu persen individu bebas kanker membawa antibodi terhadap protein dari HPV16 virus dalam darah mereka.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology juga mengungkapkan, pasien kanker orofaringeal dengan riwayat infeksi HPV cenderung memiliki kesempatan hidup yang lebih baik daripada mereka yang kanker tidak terkait dengan virus.

?Hasil mencolok ini memberikan beberapa bukti bahwa infeksi HPV16 dapat menjadi penyebab yang signifikan dari kanker orofaringeal,? ujar penulis penelitian, Dr. Ruth Travis, dikutip Netdoctor.

Sementara itu, Director of Health Information di Cancer Research UK, Sara Hiom mengungkapkan, sekira empat sampai lima orang bersentuhan dengan orang terinfeksi HPV pada beberapa titik selama hidup mereka.

?Jika vaksin HPV juga dapat melindungi terhadap infeksi HPV oral dan kanker, maka hal tersebut bisa memiliki efek potensi perlindungan yang lebih luas,?imbuhnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment