Wednesday, July 31, 2013

Minum Kopi Tiap Hari Pangkas Risiko Bunuh Diri

Minum Kopi Tiap Hari Pangkas Risiko Bunuh DiriMAU tahu cara agar Anda berumur yang panjang? Bila iya, caranya gampang. Sempatkan saja menyesap secangkir kopi setiap hari.

Peneliti Harvard School of Public Health menemukan, seseorang  yang meminum kopi setiap hari bisa memangkas risiko bunuh diri.

Dalam hasil penelitian ini, peneliti meninjau kebiasaan minum lebih dari 200.000 orang selama 16 tahun dan menemukan seseorang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari bisa memangkas risiko bunuh diri hingga 50 persen. Sementara itu, minuman seperti soda, teh dan kopi tanpa kafein, tak memengaruhi secara signifikan hasil statistik para peneliti.  
"Kafein dalam kopi memiliki efek perlindungan terhadap depresi dan beberapa penyakit saraf seperti penyakti Parkinson," kata Michel Lucas, Ph.D.selaku pemimpin penelitian tersebut, sebagaimana dilansir Menshealth.
 
Tak hanya itu, tambah dia, kafein dalam kopi juga bertindak sebagai antidepresan ringan, yang menyeimbangi hasil neurotransmitter dari produksi obat yang digunakan untuk menyembuhkan depresi.
 
Meski demikian, temuan ini bukan semata menjadi lampu hijau Anda meminum kopi yang banyak setiap hari. Sebab, penelitian sebelumnya sudah menunjukan peningkatan risiko bunuh diri terjadi karena seseorang mengonsumsi kopi lebih dari delapan cangkir perhari.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment