Monday, July 29, 2013

Tubuh Pendek Lebih Berisiko Penyakit Jantung?

Tubuh Pendek Lebih Berisiko Penyakit Jantung?TIDAK hanya berat badan yang bisa menimbulkan risiko dari penyakit, namun tinggi badan juga telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, dari Alzheimer hingga penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat, penyakit ini telah membunuh 616.000 orang dalam setahunnya. Tidak seperti kanker, penyakit jantung tampaknya memengaruhi orang-orang yang memiliki tubuh yang lebih pendek dari rekan-rekan mereka yang lebih tinggi.

Selanjutnya, sebuah review dari 52 penelitian pada tahun 2010 yang melibatkan3 juta pria dan wanita menemukan, orang yang lebih pendek memiliki risiko 50% lebih tinggi mengalami penyakit jantung mematikan daripada orang yang lebih tinggi.

?Ini akan menjadi menarik untuk mengeksplorasi kemungkinan bahwa perawakan tubuh yang lebih pendek dihubungkan dengan risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung melalui efek diameter arteri koroner lebih kecil,? ujar peneliti yang dilansir  Abcnews.

Untuk itu, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Heart Journal, arteri koroner yang lebih kecil tersebut nantinya dapat tersumbat sehingga menjadi serupa dengan kondisi risiko penyakit jantung.

Sementara, sebuah studi di tahun 2006 pada American Journal of Epidemiology menemukan,  kembar identik yang meninggal akibat penyakit jantung koroner cenderung lebih pendek dari rekan kembarnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment