Monday, July 29, 2013

Cara Tangani Gangguan Mental Anak

Cara Tangani Gangguan Mental AnakMENYEMBUHKAN anak yang memiliki gangguan mental tentu membutuhkan upaya yang serius. Butuh dukungan secara medis dan seorang profesional di bidangnya.  
Ya, mengatasi anak menderita gangguan memang tak mudah. Diagnosis terhadap gangguan mental itu harus tepat, dan para orang tua juga harus konsisten dalam mengawal pengobatan si anak. Namun, sebelum masuk ke dalam kedua tahap penting itu, ada langkah penting yang harus diperhatikan para orang tua terlebih dulu. Berikut, ulasannya menurut Foxnews.
 
Melakukan pemeriksaan kesehatan
Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk menyingkirkan gangguan belajar, autisme, alergi yang mungkin terlihat seperti gangguan mental pada anak.
 
Mencari dokter spesialis
Ketika seseorang anak sudah terdiagnosa mengalami gangguan mental, carilah dokter spesialis agar anak bisa mendapatkan pengobatan dan treatment yang efektif. Hal ini untuk membantu lebih cepat sembuh kesehatan mentalnya.
 
Mencari tahu diagnosis yang akurat
Penting bagi orang tua mencari kepastian diagnosis dengan dokter anak, psikolog atau psikiater. Hal ini agar upaya pengobatan yang akan dilakukan efektif dan efisien terhadap gangguan mental yang dialami anak.
 
Jangan menyebut lebel penyakit di depan penderita
Hindari istilah-istilah seperti 'depresi' atau 'gangguan kecemasan' di depan anak yang mengalami gangguan mental, pasalnya hal itu hanya akan merusak harga diri anak.
 
Orang tua mengetahui cara mendidik
Bila orang tua bisa mengetahui cara mendidik anak yang mengalami gangguan mental, secara otomatis mereka bisa belajar bagaimana mengatasi penyakit anakjauh lebih baik.
 
Mencari dukungan
Mencari dukungan dengan bergabung dikomunitas memiliki keluhan penyakit yang sama dapat memberi pengalaman orang tua agar lebih piawai mendidik dan mengatasi anak yang mengalami gangguan mental.
 
Selalu ada harapan
Penyakit mental itu bisa disembuhkan, orang tua hanya perlu merasa yakin bahwa dengan bantuan profesional dan stimulasi dari orang tua, anak mengalami kesehatan mental yang jauh lebih baik.
 
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment