Sunday, July 28, 2013

Yoga Bantu Atasi Nyeri Punggung Saat Kerja

Yoga Bantu Atasi Nyeri Punggung Saat KerjaAPAKAH Anda seorang termasuk setelah selesai berkerja sering mengalami nyeri punggung? Bila iya, luangkan saja untuk melakukan gerakan yoga untuk menendang nyeri punggung itu jauh dari tubuh Anda, kata sebuah studi baru di Jerman.

Ya, hal itu sesuai hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Clinical of Pain baru-baru ini. Para peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas yang ada pada latihan yoga bisa membantu meringankan rasa nyeri seseorang yang suka mengalami nyeri punggung, entah dari jangka pendek maupun jangka panjang. Kondisi ini sendiri bisa terjadi karena penyakit nyeri punggung berbeda dengan penyakit lain yang hanya membutuhkan istirahat untuk meringankan nyerinya, namun untuk urusan nyeri pada punggung tidak bisa seperti itu, sebab rasa nyeri itu bisa saja muncul kapan saja.

"Yoga bisa membuat bagian tubuh yang tak jarang bekerja, dirangsang untuk bergerak. Sehingga bagian tubuh itu yang merupakan pangkal dari rasa nyeri bisa diatasi," kata David Romanelli, pendiri One Yoga di Scottsdale, Arizona.

Ditambahkannya, untuk jenis olahraga konvensional mungkin bisa saja membantu rasa nyeri, tetapi olahraga ini juga membuat dada sesak bila Anda melakukan perenggangan. Semisal saja di daerah paha dan pinggul. Hal itu bisa sangat mungkin membuat Anda lebih rentan mengalami cedera.

Sementara langkah mudah untuk melakukan ini, terang Romanelli, Anda harus berdiri dengan merentangkan kaki selebar pinggul, kemudian menurunkan tubuh secara perlahan. Di mana saat itu Anda harus menekuk lutut Anda untuk merangsang otot kaki agar tak kaku, buatlah tubuh senyaman mungkin dalam upaya melakukan posisi tersebut.

Lakukan hal itu secukupnya, dan apabila sudah, bernapaslah dalam-dalam seperti merasakan tubuh Anda tertarik gravitasi oleh tanah. Selanjutnya, rilekskan kepala, leher, bahu dan dada dengan menggoyangkannya secara perlahan-lahan, lalu melakukan peregangan yang dimulai dari kepala terlebih dahulu selama satu menit, baru setelah itu leher, bahu dan terakhir ialah daerah dada Anda. (uky)
(ind)

»

0 comments:

Post a Comment