Saturday, July 27, 2013

Jalan Kaki Berikan Manfaat Kognitif

Jalan Kaki Berikan Manfaat KognitifBERJALAN kaki merupakan kegiatan fisik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Selain  bermanfaat bagi kebugaran tubuh, aktivitas sederhana ini juga berdampak positif terhadap kognitif manusia.

Hal tersebut merupakan temuan kunci dari sebuah penelitian di University of Granada dan Autonomous University of Madrid yang mengatakan, gadis remaja yang berjalan kaki ke sekolah cenderung memiliki kinerja kognitif lebih baik daripada mereka yang bepergian dengan kendaraan.

Penelitian yang juga dipublikasikan dalam The Journal JAMA Pediatrics juga menambahkan, semakin lama seseorang berjalan, maka semakin besar pula manfaat yang didapatkan untuk kesehatan.

Lebih lanjut, para peneliti mempelajari 1.700 anak sekolah berusia 13 sampai 18 tahun di seluruh kota-kota Spanyol. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah berjalan ke sekolah memberikan manfaat bagi otak.

Selanjutnya, mereka menemukan, tidak hanya berjalan ke sekolah yang dikaitkan dengan kinerja kognitif lebih baik, tetapi juga bahkan manfaat yang lebih jelas pada anak perempuan ketika mereka berjalan kaki ke sekolah selama lebih dari 15 menit.

?Melakukan perjalanan ke sekolah dengan berjalan kaki adalah kebiasaan sehari-hari yang sehat. Selain itu, berjalan kaki juga memberikan kontribusi menjaga para remaja tetap aktif selama menjalani kegiatan fisik dan olahraga,? kata Palma Chillon dan David Martinez-Gomez, dikutip Netdoctor.

Mereka juga menambahkan, hal ini akan meningkatkan aktivitas fisik yang berenergi dari masyarakat dan mengarah ke sebuah negara yang lebih baik dari segi kesehatan pada masa akan datang. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment