Sunday, July 21, 2013

Penyebab Obesitas si Kecil

Penyebab Obesitas si KecilMENGETAHUI penyebab obesitas pada anak  sangat penting, terutama untuk para orang tua. Pasalnya mendapatkan informasi ini, bisa membantu menghindari anak Anda mengalami obesitas.
 
Banyak kebiasaan anak yang tak disadari orang tua membut anaknya mengalami obesitas. Semisal memperbolehkan mereka membeli jajanan yang kurang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh dan juga sering makan camilan meski sudah diluar waktu jam makan harian.
 
"Sering makan makanan jajanan di jalanan, yang berminyak dan juga aneka junk food. Kemudian kebiasaan tetap  makan pada jam 11 padahal sudah diluar waktu makan, lalu juga membiarkan anak nonton sampai  larut malam yang pada akhirnya membuat nafsu makannya keluar dan akhirnya ia makan. Terakhir ialah mengonsumsi makanan sambil nonton,yang karena tidak foksu perut tidakk bisa mengirim pesan ke otak bahwa perut mereka sudah penuh. Sehingga asupan makanan yang masuk dalam tubuh pun berlebih, alhasil disimpan dalam tubuh dengan bentuk lemak. Inilah beberapa penyebab obesitas pada anak sekarang ini," ujar Dr. Aman B. Pulungan, SpA(K), Ketua 2 Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam acara yang bertema Cegah Obesitas Anak dengan Konsumsi Buah di The3house, Jakarta Selatan, belum lama ini.
 
Bila Anda memiliki anak yang menjalani kebiasaan diatas, kata dia, segeralah untuk melarangnya. Sebab hanya dengan melarang sekaligus penjelasan mengenai efek buruk pada anak bisa menghindari risiko obesitasnya. Kemudian saat anak Anda sudah terlanjur mengalami obesitas, sangat dianjurkan para orang tua untuk memberikan pola makan khusus dan rutin berolahraga agar berat badannya perlahan menurun. Upaya ini amat penting, sebab kegemukan memengaruhi fungsi kognitif ( daya tangkap) sehari-hari.
 
"Penelitian telah menunjukkan bahwa seorang yang mengalami obesitas, fungsi otaknnya menurun. Dimana responden yang memiliki penumpukan lemak dalam perut memiliki nilai yang jelek pada tes kognitifnya Karenanya bila anak Anda mengalami obesitas, upayakan untuk perlahan menurunkan berat badannya agar gangguan itu tak menimpa anak Anda,? tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment