Monday, July 29, 2013

Menyikat Gigi Bisa Tingkatkan Performa Otak

Menyikat Gigi Bisa Tingkatkan Performa Otak      APAKAH belakangan ini Anda sulit berpikir fokus? atau sulit mengingat kejadian di masa lalu? Bila iya, periksalah kesehatan mulut Anda, demikian hasil penelitian terbaru.  
Dalam European Journal of Sciences Oral, peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki gigi sehat dan lengkap lebih sedikit tampil buruk pada tes mental, terlepas dari usia mereka.
 
"Peneliti berpandangan, teori sederhana mengenai gigi sehat dan performa otak ialah responden yang memiliki gigi sehat dan lengkap itu pasti lebih memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjaga kesehatan, hingga mereka pasti merawat lebih baik setiap bagian tubuh mereka, dan itu termasuk gigi," kata Mark S. Wolff, DDS, Ph.D seorang penasehat kesehatan lelaki, sebagaimana dilansir Menshealth.
 
Selain itu, kata dia, terlepas penjelasan hubungan antara menyikat gigi dan performa otak meningkat. Semua orang sejatinya harus bijaksana dalam menjaga kesehatan gigi.
 
Nah, untuk memperjelas bagaimana menjaga kesehatan gigi. Dr. Wolff memberikan cara yang bisa Anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan gigi. Berikut ulasannya:
 
1. Menyikat gigi dengan lembut
 
Menyikat gigi terlalu keras hanya akan merusak gusi dan gigi Anda. Karenanya upayakan menyikat gigi dengan cara yang lembut, tapi tetap cukup bertenaga untuk membersihkan sisa makanan dalam mulut.
 
2. Menjauhi memakai benang jahit untuk membersihkan gigi
 
Memakai benang jahit untuk membersihkan sisa makanan pada gigi hanya akan merusak gusi Anda. Untuk itu, dianjurkan untuk memakai sikat gigi atau minimal tusuk gigi untuk membuang sisa makanan dalam gigi Anda.
 
3. Membilas, setelah itu sikat
 
Membilas mulut atau berkumur-kumur setelah makan bisa membantu menetralisir kadar asam pertama di mulut. Setelah itu, tunggulah sekira 30 menit untuk menyikat gigi. Tujuannya agar tak menghilangkan asam dari makanan yang dapat meningkatkan kekuatan gigi. Bila waktunya dirasa cukup, barulah Anda bisa menyikat gigi.
 
4.Mengunyah permen karet
 
Mengunyah permen juga baik menjaga kesehatan gigi setelah makan. Hal ini karena mengunyah permen karet bisa menstimulasi air liur yang bisa menetralkan asam dalam mulut. Kemudian, upayakan untuk memilih jenis permen karet yang memiliki kandungan xylitol yang dapat melawan bakteri perusak gigi.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment