Sunday, July 28, 2013

Awas! Peralatan Gym Bisa Tularkan Penyakit

Awas! Peralatan Gym Bisa Tularkan Penyakit  KATA siapa seseorang yang rutin berolahraga ke gym jauh dari virus penyakit. Kenyataannya gym juga bisa menjadi sumber bakteri penyakit. Enggak percaya?
 
Hal itu sesuai dengan hasil penelitian Joshua A. Cotter, Ph.D dari UC Irvine. Dia menjelaskan bahwa tak hanya di dalam kantor yang kerap tempat mendapat virus penyakit dan akhirnya membuat seseorang jatuh sakit. Tetapi tempat gym juga bisa memaparkan kuman ke dalam tubuh lebih dari apa yang dipikirkan seseorang.
 
Dalam hasil penelitian ini, peneliti mengumpulkan berbagai bakteri dari fasilitas yang umumnya ada ditempat gym seperti dari lapangan basket, tangan pemain, dan bola basket itu sendiri. Kemudian dari sana ditemukan Stabphylococcus aureu atau bakteri yang bisa bertahan dan berkembang di bola basket selam tiga hari. Sekalipun sudah disterilkan bola tersebut sebelum pertandingan dimulai, virus dalam bola itu masih bisa berpindah dari pemain ke pemain lain.
 
"Ini bukan satu-satunya cara bakteri bertukarpindah di tempat gym. Sementara untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh, Anda harus menghindari daerah seperti toilet, kamar mandi, dan bangku-bangku dengan memakai antiseptik atau tisu basah," katanya selaku penulis penelitian itu, seperti dilansir Menshealth.
 
Tak hanya itu, kata Cotter, virus yang ada di peralatan kebugaran lebih susah untuk disterilisasi ketimbang virus dalam bola. Sebuah hasil penelitian dari Journal Clinical of Sports Medicine menemukan rhinoviruses ( virus penyebab seseorang menjadi flu) di peralatan olahraga gym sebesar 63 persen. Bahkan ditemukan pada peralatan berat sudah tercemar secara signifikan lebih besar daripada peralatan aerobik.
 
Sementara untuk bisa menjauhi risiko flu itu, Cotter menganjurkan, untuk menghindari tangan menyentuh daerah wajah setelah memakai berbagai alat kebugaran. Hal ini karena banyak flu terjadi karena adanya kontak tangan ke hidung. Setelah itu, tak kalah penting Anda juga harus membawa pembersih tangan dengan kandungan alkohol di tas saat berkunjung ke gym. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment