Saturday, July 27, 2013

Jangan Sepelekan Kekurangan Vitamin D

Jangan Sepelekan Kekurangan Vitamin DKEKURANGAN vitamin D bukanlah hal yang sepele. Pasalnya kekurangan vitamin D bisa membuat tubuh tidak bisa bergerak leluasa.

Kendati demikian, banyak orang yang tak menyadari beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan membantu mengurangi pasokan vitamin D dalam tubuh. Enggak percaya?

Berikut penyebab-penyebab pemicu kekurangan vitamin D dalam tubuh, sebagaimana dilansir Healthmeup:

Terlalu lama dalam ruangan

Terlalu lama di dalam ruangan entah di ruangan ber-AC atau tidak, bisa menurunkan pasokan vitamin D dalam tubuh. Kondisi ini bisa terjadi karena mereka tak terpapar sinar matahari yang cukup. Padahal paparan sinar matahari baik untuk membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Karenanya bagi Anda yang sering berada terlalu lama dalam ruangan, entah ibu rumah tangga, para pekerja profesional dan mahasiswa harus mulai memerhatikan hal ini.

Menghindari matahari

Orang yang tak mau pergi keluar rumah dibawah sinar matahari, ialah mereka yang paling mungkin menderita kekurangan ini. Di samping itu, juga bagi mereka terlalu lama tinggal di rumah dan juga menutupi tubuh mereka dengan pakaian panjang.

Warna kulit gelap

Mereka yang memiliki kulit gelap membutuhkan 20-30 kali lebih banyak paparan sinar matahari dibanding orang yang berkulit putih. Hal itu karena melanin dalam tubuh seseorang yang memiliki kulit gelap mengurangi kemampuan kulit untuk menghasilkan vitamin D untuk tubuh.

Peningkatan penggunaan losion sunblock

Penggunaan sunblock yang meningkat sangat berpotensi untuk mengurangi produksi vitamin D kulit seseorang, terutama bagi Anda yang menggunakan lotion dengan kandungan 15 Sun Protection Factor (SPF)

Obesitas

Kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu seseorang kekurangan vitamin D. Di mana orang-orang yang memiliki indeks masssa tubuh 30 atau lebih besar dari itu sering memiliki kadar rendah vitamin D. (uky)
(ind)

»

0 comments:

Post a Comment