Sunday, July 28, 2013

Awas, Stres Bikin Pencernaan Terganggu

Awas, Stres Bikin Pencernaan TergangguSESEORANG yang sedang stres pasti merasakan gangguan pencernaan yang membuatnya tak nyaman. Lantas, apa penyebab terganggunya pencernaan tersebut?

Ya, hal ini karena sistem pencernaan seseorang adalah organ yang paling pada padat dalam tubuh, semua itu terhubung dari neurotransmiter (zat kimia yang membawa pesan antar neuron )  dan neuropeptida di kepala kita.

"Saat serotonin ? yang mengelola suasana hati Anda ? aktif, sebenarnya ia mengangkat neurotransmitter pada usus lebih tinggi konsentrasinya ketimbang yang ada di otak Anda. Karena itulah stres bisa menyebabkan masalah pencernaan," kata Kara Landau seorang Ahli gizi dan Penulis Freelance di Travellers Dietition, sebagaimana dilansit Healthmeup.

Lebih lanjut, kata Kara, tingkat stres yang dialami seseorang juga memengaruhi kesehatan usus atau gangguan pencernaan Anda. Menurutnya kesehatan usus itu terhubung sistem kekebalan tubuh, sehingga saat seseorang memiliki usus yang kuat pasti ia memiliki kesehatan tubuh yang baik.

"Ada anekdot yang mengatakan, bahwa seseorang yang memiliki usus yang kuat pasti akan jauh dari gangguan-gangguan kesehatan dan juga gangguan pencernaan. Dan realitanya itu betul, dan anekdot itu benar," tutupnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment