Wednesday, October 8, 2014

Tidak Puas Kondisi Fisik, Tanda Gangguan Jiwa

Tidak Puas Kondisi Fisik, Tanda Gangguan JiwaMASIH banyak orang yang memandang sebelah mata kesehatan jiwa dibandingkan kesehatan fisik. Karenanya, beberapa orang menganggap kesehatan fisik lebih penting dibanding kejiwaan.

Namun, dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ mengatakan bahwa tidak ada kesehatan fisik tanpa kesehatan jiwa. Orang yang sakit secara fisik, bahkan bisa bertambah sakit bila kejiwaannya terganggu.

"Misalnya kalau ke dokter terkadang ada sebutan cocok-cocokan, karena dengan dokter A bisa lebih cepat sembuh, itu psikologis. Tetapi ada juga yang sakit fisik karena kesehatan jiwanya terganggu bisa bertambah sakit," katanya dalam acara Diskusi dan Pra Peluncuran Buku "A Rookie & The Passage of The Mental Health Law; The Indonesian Story" di Bunga Rampai, Jalan Teuku Cik Ditiro No 35, Menteng, Jakarta Pusat, (8/10/2014).

Lebih lanjut, Nova menceritakan contoh masalah kejiwaan yang sedang marak saat ini dan berhubungan dengan fisik. Dia juga pernah bertemu wanita 20 tahun yang sudah mendaftar ke dokter kecantikan karena tidak puas dengan kondisi tubuhnya.

"Itu disebutnya gangguan jiwa body dysmorphic disorder. Jadi, itu termasuk gejala-gejala yang sekarang sedang banyak terjadi saat ini, yaitu tidak pernah puas dengan kondisi badannya sendiri," tuturnya.  
(fik)

»

2 comments:

Mas ini teamplate beli di mana mas...


ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment