Monday, July 8, 2013

Terapkan Diet Mediterania, Risiko Depresi Lebih Rendah

Terapkan Diet Mediterania, Risiko Depresi Lebih RendahADA banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila melakukan diet, salah satunya mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh khususnya bila Anda menerapkan diet mediterania. Hal ini penting mengingat diet tidak hanya berdampak pada perkembangan fisik, melainkan juga emosional.

Hal ini seperti dikatakan pimpinan British Dietetic Association Mental?s Health Group, Ursula Philpot bahwa penelitian menunjukkan negara-negara dengan diet mediterania memiliki tingkat depresi lebih rendah, terutama di kalangan usia remaja.

?Ada banyak penjelasan mengenai mengapa diet mediterania berpengaruh terhadap tingkat depresi yang rendah. Tetapi, penjelasan yang mungkin adalah mengonsumsi kombinasi dari buah dan sayuran segar dengan baik, makanan dengan lemak sehat, dan banyak makan ikan,? ujar Philpot, dikutip Express.

Menurutnya, negara-negara dengan konsumsi ikan yang tinggi juga menunjukkan tingkat depresi yang lebih rendah. Hal ini menjelaskan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan sangat diperlukan. dimana bisa membuat otak bekerja dengan baik.

Bahkan, menurut Philpot, hanya cukup melakukan perubahan kecil dapat membuat orang mengatasi depresi ringan hingga sedang. Contohnya dengan makan biji-bijian seperti gandum dan roti dimana keduanya merupakan sumber energi yang baik. Hal ini karena energi yang dihasilkan keduanya dilepaskan secara perlahan oleh tubuh, sehingga Anda tidak mengeluarkan energi besar tiap kali beraktivitas.

?Biji-bijian, buah, dan sayuran juga kaya akan folat dan seng. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat penting dalam mengendalikan depresi,?tandas Philpot.

Sementara, seorang ahli gizi dari Nutrition Society, Sarah Taylor menyarankan untuk menghindari makanan yang sifatnya olahan. Hal ini karena makanan olahan telah dikaitkan dengan persoalan depresi. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment