Monday, July 8, 2013

Si Hijau Pencegah Penyakit Jantung

Si Hijau Pencegah Penyakit JantungSELAIN enak dikonsumsi dan kaya kandungan vitamin C, makan dua sampai tiga buah kiwi dalam sehari secara siginifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal ini diungkapkan sebuah penelitian Taipei Medical University mengenai manfaat buah kiwi terhadap jantung. Para peneliti melakukan uji coba klinis terhadap 30 wanita dan 13 pria yang mempunyai kolesterol tinggi dengan memberikan dua buah kiwia untuk dimakan per hari selama 8 minggu.

Berdasarkan tes yang dilakukan pada awal dan akhir penelitian para peneliti menemukan, mengkonsumsi buah kiwi secara signifikan meningkatkan kadar vitamin C dan vitamin E. Selain itu, kadar HDL atau kolesterol baik pun turut meningkat dan bahkan LDL atau kolesterol buruk juga menurun, demikian dikutip Naturalnews.

Selanjutnya para peneliti menyimpulkan, untuk pasien dengan kolesterol tinggi, mengonsumsi buah kiwi secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut karena mengonsumsi buah kiwi secara teratur dapat meningkatkan kadar antioksidan.

Sebelumnya, penelitian di Norwegia juga menemukan, orang yang makan dua sampai tiga buah kiwi per hari menurunkan kadar trigliserida atau lemak dalam darah sebesar 15 persen. Selain itu, makan dua buah kiwi juga menurunkan tingkat agregasi platelet atau pembekuan trombosit sebesar 18 persen. Tingginya kadar lemak dalam darah merupakan faktor risiko penyebab penyakit jantung. Sedangkan tingginya tingkat trombosit dapat menyebabkan penggumpalan darah, sehingga meningkatkan risiko mengalami penyakit kardiovaskular. 

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi buah kiwi juga dapat mencegah timbulnya plak di dinding arteri jantung. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment