Wednesday, July 10, 2013

Puasa Lancar, Adjie Pangestu Hindari Makanan Pedas

Puasa Lancar, Adjie Pangestu Hindari Makanan PedasMENJALANI puasa Ramadan bagi pria di atas 40 tahun butuh siasat tersendiri agar puasa bisa lancar. Kondisi ini tak jarang diperlukan terkait beberapa keluhan penyakit yang sudah hinggap di badan saat usia itu. Namun tak usah cemas menghadapinya, asal bisa menjalani pola makan sehat, menghindari makanan pedas, dan memiliki mindset bahwa puasa itu menyehatkan, Anda pun bisa tetap lancar menjalaninya.  
Hal ini rupanya diamini oleh Adjie Pangestu. Model sekaligus aktor berbagai sinetron ini menjelaskan, mengonsumsi makanan berkualitas yang cukup, seperti buah dan sayuran saat berbuka puasa, kemudian menghindari makanan pedas saat berbuka maupun sahur, dan yakin puasa itu tak membuat sakit ialah bekal yang cukup menjalani puasa Ramadan dengan lancar. Untuk soal makanan pedas sendiri, Adjie, begitu sapaan akrabnya, mengatakan bahwa menghindari makan pedas saat berbuka puasa dan sahur penting dilakukan. Pasalnya, bila Anda mengonsumsi makanan pedas sangat mungkin Anda mengalami gangguan pencernaan, di mana bisa mengancam kekhusyukan ibadah puasa. Bahkan pada gangguan pencernaan yang serius, bisa mengancam ibadah puasa Anda jadi batal.
 
"Coba saja mengonsumsi makanan pedas saat berbuka, pasti saat sahur perut Anda sakit, atau pas pagi-paginya. Apalagi bila Anda mengonsumsi makanan pedas saat sahur, pasti akan mengganggu saat Anda menjalani rutinitas, bahkan bisa membuat Anda batal. Makanya sebisa mungkin saya menjauhi makanan pedas," tuturnya saat berbincang dengan Okezone di Gedung HighEnd, Kebun Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, (10/8/2013)
 
Adjie menambahkan bahwa berbuka puasa yang baik itu harus dibuka dengan teh manis dan mengonsumsi tiga kurma. Di mana tujuan ini untuk mengembalikan kadar gula yang turun akibat menjalani puasa. Lantas bila sudah memakan itu, barulah beberapa menit kemudian Anda mengonsumsi ?makanan berat?. Selain itu, tambah Adjie, terpenting dari menjalani puasa itu dengan pemikiran bahwa puasa ini harus menyehatkan, sebab dengan seseorang memiliki pemikiran seperti itu, dengan sendirinya puasa akan lancar sampai selesai.
 
"Memiliki pemikiran bahwa puasa bikin tubuh sehat itu sangat perlu menurut saya. Sebab, menghindari makanan pedas atau makanan lain yang mengancam batalnya puasa seolah jadi tak berguna. Tetapi lain ceritanya jika Anda menjalani puasa berdasarkan keyakinan memang menyehatkan tubuh. Saya rasa secara otomatis, Insya Allah puasa Ramadan Anda bisa lancar," pungkasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment