Monday, July 8, 2013

"Pisang Bisa Dijadikan Pengganti Nasi"

"Pisang Bisa Dijadikan Pengganti Nasi"BUAH pisang memiliki beragam jenis dari mulai pisang ambon, pisang raja, pisang Lampung, dan lainnya. Selain mengenyangkan, pisang rupanya memiliki segudang manfaat lainnya.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail juga tertarik menanam pisang di kebunnya di rumahnya di Griya Tugu Asri, Cimanggis, Depok. Selain pisang juga ada belimbing, cabe, sayuran, dan tanaman obat di kebunnya. Saya tidak pernah menjual hasil kebun saya, hanya untuk dinikmati bersama keluarga, tetangga, dan sesama.

Sebagai Ahli Pangan lulusan Doktor Teknologi Pangan A&M Texas University ini memaparkan tentang manfaat dan kandungan gizi yang terdapat dalam pisang. ?Pisang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam dalam lambung, mengobati gangguan pada lambung, menurunkan kadar kolesterol, mengobati penyakit, jantung dan stroke," ujarnya di Balaikota Depok, Senin (08/07/2013).

Pisang ternyata juga mampu menurunkan demam, mengatasi demam, mengatasi alergi, dan menurunkan tekanan darah. Di dalam pisang, juga terdapat zat gizi yang berfungsi meningkatkan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia, membantu produksi energi, mencegah stres.

"Pisang juga dapat berfungsi sebagai anti oksidan, dan anti kanker," ungkapnya.

Sebagai penggerak program Sehari Tanpa Nasi (One Day No Rice), Nur Mahmudi juga mengungkapkan bahwa pisang juga dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Sebab di dalam pisang mengandung serat sebanyak 0,6 gram.

"Serta mengandung vitamin A, dan C yang sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh, pisang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi, selain enak juga sehat,? jelasnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment