Monday, July 8, 2013

Kenali Efek Buruk Saat Anda Kurang Tidur

Kenali Efek Buruk Saat Anda Kurang TidurSELAMA ini sering gelisah sering dikaitkan dengan urusan tanggung jawab sesuatu hal atau pekerjaan yang belum selesai. Namun kenyataannya, rasa gelisah sesungguhnya muncul karena kurangnya jam tidur.

Hal ini  diungkap oleh hasil penelitian terbaru dari UC Berkeley. Dijelaskannya bahwa seseorang yang begadang atau seseorang yang mengalami kekurangan tidur akan membuat ia lebih cemas dibanding kecemasan yang muncul karena hal lain.

Peneliti menemukan bahwa seseorang yang mengalami kurang tidur berpotensi memiliki ekpresi wajah yang buruk karena mengalami kecemasan atau suasana hati yang buruk. Hal ini berbeda dibandingkan dengan seseorang yang memiliki istirahat cukup dimana ia memiliki wajah segar.

"Dalam hasil observasi dan percobaan, ada responden yang secara alami mengalami lonjakan kecemasan. Hal ini karena sebelumnya responden memiliki kecemasan sebelumnya dan ditambah dengan tidak didapatnya jam tidur yang cukup,"kata Matius Walker, Ph.D salah satu penulis penelitian tersebut, seperti dilansir Menshealth.

Untuk mengatasinya sisihkan waktu tidur yang cukup agar tubuh tetap fit dan terbebas dari ancaman cemas berlebihan. Namun mengingat sulitnya mencukupi jam tidur di tengah kepadatan kerja, upaya alternatif yang bisa dicoba ialah melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat.

Dalam sebuah studi di University of Arizona, berjalan cepat sekira enam blok dari rumah ialah hal yang diperlukan untuk mengurangi gangguan tidurnya. Tak hanya itu, berolahraga secara rutin saat libur bekerja juga berefek lebih baik pada jam tidur Anda, dimana hal ini akan menyebabkan suhu tubuh menurun, dan membuat kantuk lebih mudah datang sebelum akhirnya Anda tertidur lelap. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment