Saturday, July 20, 2013

Menstruasi Tak Kunjung Berhenti? Ini Penyebabnya

Menstruasi Tak Kunjung Berhenti? Ini PenyebabnyaMENSTRUASI atau haid adalah awal siklus menstruasi dan hari pertama siklus menstruasi adalah waktu dimulainya perdarahan. Walaupun rata-rata siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, namun ada juga yang tidak kunjung berhenti. Apa penyebabnya?

Menurut Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG, gangguan menstruasi yang tidak berhenti paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal.

?Akan tetapi gangguan ini dapat disebabkan juga oleh kelainan anatomi, seperti polip, mioma uteri, hyperplasia endometrium (penebalan dinding rahim), dan keganasan,? ujar Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG kepada Okezone melalui sambungan elektronik, baru-baru ini.

Mungkin banyak dari wanita yang bertanya-tanya, apakah pemakaian KB implan turut memengaruhi gangguan menstruasi yang tidak kunjung berhenti. Dr Ivan R Sini pun mencoba menjelaskan hal tersebut.

?KB hormonal, baik dengan pil, implan maupun suntik, serta spiral hormon dapat menyebabkan gangguan menstruasi ini yang sifatnya sementara dalam beberapa siklus pertama setelah pemasangan,?jelas Dr Ivan R. Sini.

Namun, meskipun sifatnya sementara, ia mengatakan bahwa pemantauan oleh dokter sangatlah penting untuk menyingkirkan segala kemungkinan tersebut. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment