Sunday, July 7, 2013

Bumil Hipertensi, Waspada Risiko Diabetes

Bumil Hipertensi, Waspada Risiko DiabetesWANITA yang didiagnosis pre-eklampsia atau hipertensi selama kehamilan kemungkinan mengalami peningkatan risiko diabetes, terutama hal tersebut juga bersamaan dengan diabetes gestasional.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan sebuah penelitian dari University of Toronto, Ontario, Kanada. Menurut penulis penelitian tersebut, Denise Feig, temuan dari penelitiannya itu memiliki implikasi penting bagi kesehatan ibu.

?Mengingat meningkatnya penyakit yang berhubungan dengan obesitas membuat kita harus waspada. Terlebih pada ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi selama kehamilan, sebaiknya dokter waspada dengan memberikan kebutuhan konseling pencegahan dan skrining untuk diabetes,? ujar dr Denise Feig, dikutip Medwirenews.

Dalam analisis yang disesuaikan, wanita hamil dengan hipertensi memiliki dua kali lipat risiko untuk mengalami diabetes dibandingkan wanita yang tidak mengalami kondisi ini selama kehamilan. Para penulis juga mencatat, kecenderungan terjadinya diabetes lebih besar pada perempuan dengan hipertensi yang juga mengalami kelahiran prematur. Sehingga, wanita dengan diabetes gestasional, hipertensi, dan kelahiran prematur berisiko 30,7 kali lipat akan mengalami diabetes.

Lebih lanjut, hipertensi selama kehamilan juga berhubungan dengan resistensi selama dan setelah kehamilan serta sindrom metabolik. Namun, peneliti dari University of Adelaide Australia, Thach Tran mengatakan, belum ada cukup bukti untuk mendukung melakukan skrining rutin terhadap diabetes kepada wanita dengan hipertensi saat postpartum.

?Program skrining postpartum saat ini harus fokus pada wanita dengan diabetes gestasional yang bersaman memiliki gangguan hipertensi. Mengingat ibu hamil lebih berisiko mengalami diabetes, lebih banyak berolahraga menjadi sangat penting selain melakukan skrining saat postpartum,? tandas Tran. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment