Friday, July 5, 2013

Kapan Jerawat Harus Diobati & Perawatan Medis?

Kapan Jerawat Harus Diobati & Perawatan Medis?JERAWAT sering dianggap sebagai problem ringan dan bisa diobati sendiri dengan melakukan perawatan kulit. Namun adakalanya, dalam mengatasi jerawat kita harus melakukan pengobatan ke dokter.

Menurut, dr. Gloria Novelita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, seseorang harus melakukan pengobatan ke dokter dengan segera bila kondisi jerawat mengalami beberapa faktor.

?Harus segera berobat ke dokter bila mengalami jerawat fulminans, yaitu suatu bentuk yang parah pada jerawat batu dan biasanya terjadi pada remaja laki-laki. Selain itu, jerawat ini biasanya berkembang sangat cepat di punggung dan dada,? ujar dr. Gloria dalam dalam peluncuran produk "Nexcare Acne Cover", di ANZ Tower, Jakarta, baru-baru ini.

Jerawat fulminans sering meninggalkan bekas luka yang parah dan biasanya menyebabkan demam, nyeri otot dan tulang bagi yang mengalaminya. Kemudian,seseorang harus berobat ke dokter dengan segera bila mengalami jerawat Conglobata.

Lebih lanjut, dr. Gloria menjelaskan, jerawat conglobata termasuk kronis dan akut, serta lebih banyak dialami pria dibandingkan wanita. Jerawat ini bisa ditandai oleh letusan besar dan komedo di wajah, lengan, leher dengan inflamasi, serta bisa menyebabkan jaringan parut yang luas.

Selanjutnya, seseorang harus berobat ke dokter bila memiliki masalah psikologis yang berat. Hal ini karena jerawat bisa menimbulkan masalah emosional seperti stres dan depresi.

?Seseorang harus berobat ke dokter bila memiliki riwayat penyembuhan jerawat yang disertai dengan pembentukan skar atau jaringan parut. Sementara, jerawat yang timbul karena diduga berhubungan dengan kelainan endokrin juga harus diperiksakan ke dokter,? tandas dr. Gloria. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment