Tuesday, July 9, 2013

Hindari Risiko HIV, Jangan Malas Lakukan Tes Kesehatan

Hindari Risiko HIV, Jangan Malas Lakukan Tes KesehatanPENYAKIT HIV merupakan penyakit yang patut dihindari. Karenanya, Anda tak boleh melewatkan tes kesehatan sederhana sebagai upaya pencegahan.

Menurut hasil penelitian terbaru di JAMA Internal Medicine, ternyata semakin muda usia Anda biasanya semakin kecil kemungkinan memeriksakan status HIV. Tidak merasakan sesuatu gejala sekalipun, tidak berarti Anda bebas dari risiko itu.

Para peneliti menganalisis data dari 2009 National Surveillance System HIV dan menemukan bahwa orang-orang usianya di bawah 45 tahun kurang menyadari infeksi  penyakit HIV daripada orang yang sudah lebih tua. Bahkan hanya sekira 40 persen dari umur 13  sampai  24 tahun yang benar-benar memeriksakan tes kesehatan.

Para peneliti berhipotesis bahwa anak muda kurang sadar memeriksakan diri terkait penyakit HIV, bahkan bila hasil itu positif sekalipun. Di samping itu, mereka juga cenderung tak mengonsumsi vitamin saat sehat untuk mencegah risiko HIV. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan tes sederhana kesehatan ke dokter.

"Untuk bisa memastikan apakah Anda mengalami HIV atau tidak,  itu hanya dapat diketahui dengan cara mengecek kesehatan ke dokter. Tak ada cara lain," terang Jonathan Mermin, MD, Direktur Divisi Pencegahan HIV / AIDS dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) seperti dilansir Menshealth. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment