Tuesday, July 16, 2013

Betah Main Ponsel Bikin Badan Tidak Fit

Betah Main Ponsel Bikin Badan Tidak FitPENGGUNAAN ponsel yang berlebihan, baik untuk berbicara, browsing internet, e-mail, atau bermain video game, dapat mengganggu aktivitas fisik dan mengurangi kebugaran kardiorespirasi.

Lebih lanjut, Jacob Barkley dan Andrew Lepp, peneliti dari fakultas di Kent State?s College of Education, Health and Human Services menjadi tertarik untuk memelajari hubungan antara smartphone dengan tingkat kebugaran. Mereka mengatakan, tidak seperti televisi, ponsel yang kecil dan fungsi portable sehingga memungkinkan untuk memgggunakannya saat melakukan aktivitas fisik.

Namun, penelitian mereka mengungkapkan, meskipun smartphone memiliki sifat portabilitas (bisa dibawa kemana-mana) dan kenyamanannya berkontribusi pada gaya hidup malas bergerak, para peneliti mensurvei lebih dari 300 mahasiswa terhadap penggunaan ponsel dan tingkat aktivitas mereka, dan kemudian mengukur tingkat kebugaran serta komposisi tubuh dari 49 peserta.

Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan, siswa yang menghabiskan waktu menggunakan ponsel mereka sekira 14 jam per hari ternyata kurang fit atau bugar, dibandingkan mereka yang hanya rata-rata 90 menit per hari menggunakan ponsel.

?Sekarang saya telah beralih ke smartphone, dan saya bisa katakan itu menurunkan aktivitas fisik saya. Hal ini, karena jika saya bosan, saya hanya dapat men-download apa pun yang saya inginkan,? kata salah satu peserta penelitian sebagaimana dilansir Redorbit.

Sementara, peneltian yang dipublikasikan secara online dalam Internasional Jounal of Behavioral Nutritio tersebut diyakini menjadi yang pertama untuk menilai hubungan antara penggunaan ponsel dan tingkat kebugaran masyarakat. Para peneliti mengatakan, temuan ini menunjukkan penggunaan ponsel mungkin dapat menilai risiko seseorang mengalamii banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment