Tuesday, July 16, 2013

Awas, Obesitas Bisa Sebabkan Osteoporosis

Awas, Obesitas Bisa Sebabkan OsteoporosisOBESITAS tidak hanya menyebabkan risiko penyakit jantung atau stroke saja, tetapi juga meningkatkan risiko mengalami penyakit tulang rapuh atau osteoporosis. Apa pasal?

Peneliti Dari AS yang menemukan bahwa beberapa orang dengan berat badan berlebih telah menyembunyikan lemak di dalam tulang mereka. Hal ini bisa membuat mereka menjadi lemah dan rentan terhadap patah tulang.

Lebih lanjut, penelitian yang dilakukan Tim dari Harvard Medical School di Boston tersebut melakukan scan tubuh pada 106 pria dan wanita gemuk tetapi sehat.

Temuan hasil scan yang juga dipublikasikan dalam The Journal Radiology mengungkapkan, beberapa orang memiliki lemak di tempat-tempat tersembunyi, seperti pada hati, otot, sumsum tulang sekaligus perut, pinggul, atau paha. Dr Miriam Bredella yang melakukan scan mengatakan, lemak pada bagian pinggang mungkin membuat mereka memiliki risiko terbesar osteoporosis.

Ia menambahkan, sumsum tulang bertanggung jawab terhadap sel-sel pembentukan tulang baru. Dr Bredella menuturkan, jika sumsum tulang diambil alih oleh sel-sel lemak, maka ini akan melemahkan tulang.

?Jika Anda memiliki tulang belakang yang penuh dengan lemak, hal tersebut tidak akan membuatnya menjadi lemak. Obesitas pernah dianggap memberikan perlindungan terhadap pengeroposan tulang, tetapi  kini kami telah menemukan bahwa hal ini tidak benar,? ujar Dr Bredella yang dikutip BBC.

Ia menambahkan, tidak ada orang yang ingin memilih menjadi gemuk, dan memiliki tubuh yang tetap langsing merupakan jawaban dari masalah ini. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment