Monday, July 15, 2013

Waspada, Tabir Surya Bisa Bikin Alergi Kulit

Waspada, Tabir Surya Bisa Bikin Alergi KulitBAHAYA dari sinar matahari dan sinar ultraviolet bisa menyebabkan kulit terbakar, bahkan kanker kulit. Kebanyakan orang biasanya memilih memakai tabir surya demi memeroleh perlindungan maksimal, efektif, dan aman. Padahal kenyataannya, tabir surya bisa menyebabkan alergi.

Alergi kulit terhadap tabir surya dapat terjadi sebagai akibat dari reaksi terhadap salah satu bahan dalam tabir surya. Beberapa pemicu mungkin lebih umum karena aroma atau bahan pengawet dalam losion tabir surya.

?Jarang pasien yang menaruh kecurigaan alergi terhadap losion perlindungan sinar matahari,?kata David E. Cohen, MD, MPH, Director of Allergic, Occupational, and Environmental Dermatology di New York University School Medicine.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, orang yang paling mungkin mengalami alergi terhadap tabir surya adalah mereka yang terkena sinar matahari secara teratur, orang-orang yang bekerja di luar rumah, serta perempuan. Hal ini karena perempuan lebih mungkin terkena kosmetik yang mengandung tabir surya.

?Ketika alergi terhadap tabir surya berbahan kimia dicurigai, tabir surya yang mengandung titanium atau zinc dapat membantu,?tutur Dr. Cohen.

Kemudian, penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine tersebut juga mengatakan, orang yang menggunakan tabir surya setiap hari jauh lebih kemungkinannya mengalami alergi dibandingkan mereka yang menggunakan tabir surya hanya bila diperlukan.

Jadi, menggunakan tabir surya setiap hari selain mengurangi kemungkinan alergi, juga memungkinkan memperlambat efek kerusakan akibat sinar matahari. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment