Monday, July 15, 2013

Perangi Kolesterol, Jadikan Roti Gandum sebagai Pengganti Karbohidrat

Perangi Kolesterol, Jadikan Roti Gandum sebagai Pengganti KarbohidratKOLESTEROL tinggi kini hampir menghantui semua orang, entah karena kenaikan berat badan yang tak sehat, maraknya junk food, ataupun kebiasaan buruk yang merugikan diri sendiri. Lakukan langkah jitu sebagai preventif melindungi tubuh Anda dari serangan penyakit berbahaya.

Kolesterol tinggi merupakan gerbang untuk beragam penyakit  kardiovaskular (penyakit jantung, jantung koroner, gagal jantung dan stroke). Untuk itu, segeralah mengambil langkah pencegahan agar risiko itu tak menimpa Anda.

Kini, mengonsumsi makanan yang berkualitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah menjamurnya tempat junk food. Agar lebih ringan, Anda bisa memulainya dengan menjauhi makananan yang mengandung lemak jenuh. Hal ini dikarenakan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat secara seketika.

"Bagi Anda yang ingin menghindari penyakit jantung ataupun stroke, sebisa mungkin menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Contohnya mentega, keju kotak dan daging berlemak. Sebab semua komponen makanan itu berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh," kata Suchita Sanghvi, seorang ahli diet senior di Hinduja Healthcare Bedah, India. Demikian seperti dilansir Healthmeup.

Ditambahkannya, makanan olahan produk susu dan olahan daging juga harus dihindari. Pasalnya, kedua komponen itu memiliki lemak tak jenuh. Sementara untuk mengganti semua makanan itu, kata Suchita, Anda bisa beralih ke makanan yang memiliki kadar kolesterol yang rendah, semisal ikan salmon dan tuna, lalu pada selai untuk roti Anda bisa memakai selai kacang alami, dan lebih memperbanyak mengonsumsi alpukat, serta makan yang yang mengandung kandungan omega-3 dan omega-6. Di samping itu, untuk asupan karbohidrat Anda bisa mengandalkan roti gandum, biji-bijian, kacang, buah dan sayur-sayuran.

"Menyertakan makanan yang kaya kandungan serat seperti gandum ialah pilihan baik untuk menghindari penyakit kardiovaskular. Hal ini karena gandum lebih bernutrisi ketimbang nasi dan juga lebih bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Di mana menghindari dari adanya plak (penyempitan pembuluh darah) pada daerah jantung,"terangnya.

Sementara untuk lebih dapat membantu mengontrol kandungan kolesterol dalam tubuh, Anda bisa menambahkan gaya hidup aktif dalam buku agenda mingguan. Semisal lari pagi, bersepeda ataupun menari-nari sampai mengeluarkan keringat. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment