Tuesday, July 9, 2013

Waspada, Merokok Ganja Bikin Anda Malas

Waspada, Merokok Ganja Bikin Anda MalasAPAKAH Anda orang yang suka merokok ganja? Bila iya, ada berita buruk untuk Anda. Pasalnya, rokok ini bisa membuat Anda jadi malas.

Hal ini dikarenakan ganja dapat menyebabkan perubahan kimia pada otak yang kemudian berefek pada energi dalam tubuh, menurut sebuah hasil penelitian di Inggris.

Peneliti menggunakan positron emisi temografi (positron emission tomography) untuk membandingkan produksi dopamin -suatu neurotransmitter yang berhubungan dengan apresiasi dan motivasi- pada responden yang merokok ganja setidaknya tiga kali sepekan, dengan responden yang mempunyai kebiasaan sebanyak 10 kali dalam hidup mereka. Hasil scan mengungkapkan bahwa produksi dopamin seorang yang sering terbiasa merokok ganja menurun dibandingkan mereka yang jarang mengonsumsi. Bahkan, dopamin tersebut akan semakin berkurang bila responden meningkatkan kebiasaan merokok ganja.

Dopamin sendiri ialah zat kimia otak yang  membuat suasana hati jadi baik saat Anda melakukan sesuatu yang benar, apakah itu memenangkan persetujuan dengan atasan di tempat kerja atau dapat naik level di permainan World of Warcraft. Tetapi kekurangan dopamin dalam tubuh bisa mengurangi rasa bahagia dan prestasi Anda.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukan bahwa tetrahydrocannabinol bisa meningkatkan produksi dopamin. Tapi rutin merokok ganja cenderung menyebabkan otak Anda mengurangi jumlah dopamin yang dihasilkan, saat dopamin tambahan dari ganja dihasilkan," kata Oliver Howes, Ph.D., penulis utama penelitian dari Rumah Sakit Hammersmith di London, sebagaimana dilansir Menshealth.

Jadi, sudah saatnya Anda waspada. Bila terlalu banyak merokok ganja, itu bisa memengaruhi kondisi tubuh Anda. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment