Monday, July 15, 2013

Waspada, Candu Tanning Berujung Kanker Kulit

Waspada, Candu Tanning Berujung Kanker KulitANDA orang yang tergolong kecanduan melakukan tanning kulit? Bila iya, mungkin saatnya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Sebab, sering melakukan tanning bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

Hal ini berdasarkan penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh JAMA Dermatology. Dijelaskan bahwa seseorang yang kecanduan melakukan tanning dengan tanning bed, satu dari tujuh orang di antaranya mengalami kanker kulit.

Hasil penelitian ini berangkat dari survei 178 pasien kanker kulit yang mengaku melakukan tanning di salon pada masa lalunya. Kemudian ditemukan data, sebelum mereka terdiagnosa responden mengalami karsinoma sel basal yang merupakan bentuk paling umum dari semua kanker.

Lebih dalam, menurut hasil survei 26 pasien kanker kulit telah mengalami karsinoma rata-rata sudah melakukan 10 kali dalam setahun, dan beberapa pasien mengaku telah melakukan tanning sebanyak 20 kali.

Sementara itu, Dr Richard Langley, Presiden Kanada Dermatology Association yang tak terlibat dalam penelitian itu mencatat, beberapa pasien menolak untuk mengakui akan bahayanya sinar UV dari alat tersebut, sementara responden lain lebih menyalahkan kanker kulit mereka karena riwayat keluarga ketimbang menerima bertanggung jawab secara pribadi. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment