Monday, July 15, 2013

Kolesterol Tak Selalu Berimbas Buruk bagi Tubuh

Kolesterol Tak Selalu Berimbas Buruk bagi TubuhSELAMA ini, kolesterol dianggap biang keladi dari penyakit kronis, terutama penyakit jantung dan stroke. Nyatanya, persepsi itu tidak sepenuhnya benar. Sejauh tak berlebihan, kolesterol tak mendatangkan imbas buruk bagi tubuh.

Kolesterol memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Tak disangka-sangka, terkait banyak pandangan negatif masyarakat, kolesterol malah memiliki manfaat yang amat penting untuk menunjang kesehatan tubuh seseorang. Berikut beberapa manfaat dari kolesterol dalam tubuh, seperti dilansir Healthmeup.

Produksi hormon

Kolesterol digunakan untuk menghasilkan hormon steroid yang diperlukan tubuh. Hal ini juga termasuk hormon seks, seperti estrogen dan progesteron pada wanita dan testosteron pada pria dimana kedua elemen itu sangat penting bagi Anda yang menginginkan terjadi kehamilan.

Kemudian, kolesterol juga menghasilkan kortisol yang terlibat dalam pengaturan kadar gula darah dan melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi, serta yang terpenting memertahankan kecukupan air dalam tubuh agar tubuh tak mengalami lemas.

Bahkan, tubuh dapat menggunakan kolesterol untuk membuat sejumlah besar vitamin D, vitamin yang bertanggung jawab untuk membangun tulang dan gigi yang kuat.

Pencernaan

Kolesterol juga digunakan untuk membuat empedu, sebuah cairan kehijauan yang diproduksi oleh hati dan disimpan di kantong empedu. Di mana tubuh membutuhkan empedu untuk mencerna makanan yang mengandung lemak. Empedu bertindak sebagai emulsifier, yang dapat memecah gumpalan lemak menjadi partikel lebih kecil sehingga tubuh bisa mencernanya. Setelah lemak dicerna, empedu membantu tubuh untuk menyerap nutrisinya. Lebih dalam lagi, tubuh  membutuhkan empedu untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K, vitamin yang larut dalam lemak, yang berasal dari makanan atau suplemen.

Membangun blok

Kolesterol merupakan komponen struktural sel dan bersama dengan lipid polar membentuk struktur setiap sel dalam tubuh kita. Kolesterol yang ada pada dasarnya memberikan pelindung lapisan dalam tubuh sejauh jumlahnya tak berlebihan. Di mana bila kolesterol dalam tubuh cukup bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh, yang otomatis bisa membantu menghasilkan energi setiap harinya.

Sistem kekebalan tubuh

Kolesterol sangat penting untuk kondisi sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik. Sel-sel kekebalan tubuh Anda itu bergantung pada kolesterol yang berfungsi melawan infeksi berbagai penyakit dan memerbaiki diri sendiri setelah melawan infeksi itu.

Selain itu, kolesterol ialah agen penyembuhan utama dalam tubuh. Ketika tubuh memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk penyembuhan, tubuh memproduksi kolesterol dan mengirimnya ke lokasi yang mengalami kerusakan sehingga tubuh Anda pun bisa kembali sehat.

Antioksidan

Kolesterol bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan membantu menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Untuk itu, Anda tak usah khawatir lagi, selagi kolesterol dalam tubuh cukup atau tak berlebihan, radikal bebas dalam tubuh bisa dinetralkan. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment