Monday, July 8, 2013

Pentingnya Diet Sebelum Donor Darah

Pentingnya Diet Sebelum Donor DarahDONOR darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Sebelum mendonorkan donor terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya diet.

Menurut ahli gizi di Snap Fitness India, Annapurna Agrawal, sebelum melakukan donor darah pendonor sebaiknya melakukan diet, sehingga membantu pengalaman donasi Anda aman, sukses, dan menyenangkan. Berikut tip diet sebelum donor darah yang dilansir Healthmeup.

Konsumsi makanan kaya zat besi

Dua minggu sebelum mendonorkaan darah Anda, sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti biji-bijian, bayam, beras serpih, dan semangka. Mengonsumsi makanan kaya zat besi berfungsi menjaga kadar hemoglobin tetap dalam keadaan normal.

Sertakan makanan kaya vitamin C

Memiliki tingkat vitamin C yang baik akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi buah jeruk, papaya, kiwi, dan stroberi.

Minum banyak air putih dan jus

Sebelum mendonorkan darah, sebaiknya banyak minum air dan jus buah di malam hari dan di pagi hari. minum setidaknya delapan gelas cairan di pagi hari sebelum mendonorkan. Selain itu, hindari minuman berkarbonasi untuk meningkatkan tenaga sebelum donor darah, karena bisa memberikan efek negatif pada tekanan darah dan denyut jantung.

Hindari makanan berlemak

Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan berlemak selama 24 jam sebelum mendonorkan darah. Hal ini karena makanan berlemak dapat memengaruhi tes darah saat donasi. Lemak berlebih membuat darah tidak dapat diuji untuk penyakit menular dan darah tidak bisa digunakan untuk transfusi.

Konsumsi makanan sehat

Sebelum mendonorkan darah, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan sehat akan menjaga kadar gula darah Anda stabil, sehingga membuat Anda merasa lebih baik setelah mendonasikan darah. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment