Sunday, July 7, 2013

Kunci Penting Cegah Penyakit Jantung

Kunci Penting Cegah Penyakit JantungANCAMAN penyakit jantung memang patut diwaspadai. Untuk menghindari risiko tersebut, Anda mesti menjaga kesehatan, khususnya memelihara kestabilan tekanan darah dan kolesterol.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian Eric Topol, MD, Direktur Scripps Translational Science Institute dari Universitas Kedokteran Carolina Selatan. Ia menjelaskan bahwa seseorang yang bisa mengelola tekanan darah dan kolesterol dalam tubuhnya dapat memangkas setengah dari risiko penyakit jantung.

Para peneliti menemukan bahwa pasien hipertensi atau kolesterol tinggi yang bisa mengelola penyakitnya dapat mengurangi penyakit jantung, dimana masing-masing memangkas 20 persen dan 35 persen risiko itu. Tetapi bila seseorang bisa mengelola kedua penyakit itu, risiko penyakit jantung yang ia alami bisa terpangkas lebih dari 50 persen.

"Kedua penyakit itu bisa jadi tekanan besar bila Anda tak bisa mengelolanya, dimana tekanan darah tinggi merusak lapisan arteri Anda, hingga bisa merembes masuk ke dalam. Tapi bila Anda bisa mengelola kedua hal itu dengan baik yakni dengan membatasi jumlah kolesterol, jantung Anda akan terus baik-baik saja," terang Dr Topol, sebagaimana dilansir Menshealth.

Ditambahkannya, karena banyak dokter yang cenderung berlebihan mengobati keluhan kolesterol tinggi seseorang, sangat penting untuk memeriksa tekanan darah Anda rutin. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan kedua lengan Anda. Seperti dipaparkan Universitas Loyola Stritch School of Medicine, tekanan darah tinggi akan membuat  lengan Anda terasa berbeda, dimana kedua lengan merupakan tanda dari penyakit pembuluh darah perifer yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment