Tuesday, July 16, 2013

Ini Manfaat Puasa buat Saraf

Ini Manfaat Puasa buat SarafSETIAP orang beresiko mengalami kondisi gangguan dan kerusakan saraf. Salah satunya dapat disebabkan karena adanya trauma pada saraf. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan cara berpuasa. Mengapa? simak artikel berikut.

Menurut konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), ketika kita berpuasa, tubuh dapat mempunyai kesempatan melakukan detoksifikasi (proses pembersihan racun dari tubuh) yang muncul akibat pola hidup sehari-hari dan mungkin tidak sehat.

"Ketika berpuasa tubuh bisa melakukan proses detoksifikasi atau proses pengurangan kadar racun dari dalam tubuh. Karena zat racun yang tersimpan lemak akan larut, dan dikeluarkan dari tubuh," ujar Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) dalam media workshop bertema "Neuropati & Puasa, Kondisi & Cara Penanganannya" di Pad@28, Jakarta, Selasa 16 Juli 2013.

Lebih lanjut, Dr. Manfaluthy juga mengatakan, berpuasa dapat meningkatkan kondisi mental, kewaspadaan, dan bisa lebih fokus.

"Hal ini karena beberapa hormon tertentu seperti endorfin mengalami peningkatan dalam darah setelah beberapa hari berpuasa," tambahnya.

Lebih lanjut dokter ramah ini mengatakan, dengan berpuasa tubuh bisa mengalihkan pengunaan glukosa ke lemak, sebagai sumber energi secara perlahan, "Berpuasa dapat mencegah terjadinya kerusakan saraf dan otot," tutupnya. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment