Friday, July 5, 2013

Gejala-Gejala Penyakit Jantung Bawaan si Kecil

Gejala-Gejala Penyakit Jantung Bawaan si KecilPENYAKIT jantung bawaan merupakan ancaman tersendiri bagi buah hati. Anda pun diminta mengetahui gejala awal PJB agar bisa melakukan langkah preventif.

Secara kasat mata, mungkin Anda tak mengetahui bagaimana si kecil mengalami penyakit jantung bawaan. Agar lebih jelas, informasi tersebut bisa membantu, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Tanda dan gejala

dr David Dwi Ariwibowo, SpJP dari Rumah Sakit Royal Trauma, Jakarta Barat mengatakan bahwa tanda dan gejala PJB dapat terlihat pada minggu-minggu pertama kehidupan, seperti tampak seluruh tubuh membiru atau pucat, adanya detak jantung yang tidak normal atau terdengar suara bising jantung, napas yang pendek dan cepat, kesulitan menyusu dan gagal tumbuh kembang.

Namun ada pula jenis PJB yang tidak memberikan tanda dan gejala khas pada awal-awal kehidupan, seperti pada PJB jenis Atrial Septal Defect (ASD) dapat tidak memberikan tanda dan gejala di awal kehidupan, baru akan memberikan keluhan ketika ia beranjak dewasa.

Tindakan

David menegaskan pentingnya deteksi secara dini adanya PJB, sehingga penderita mendapatkan tindakan medis yang sesuai dengan kelainan jantung yang ada.

Pada beberapa jenis PJB diperlukan tindakan yang sifatnya darurat untuk mempertahankan kehidupan sang bayi. Namun pada beberapa jenis PJB yang lain tidak perlu dilakukan tindakan atau operasi segera, sambil dipantau terus pertumbuhan dan perkembangannya sampai dokter menentukan waktu yang tepat untuk dilakukannya operasi definitif. 

Pada beberapa jenis PJB, kelainan yang ada dapat terkoreksi dengan sendirinya (menutup sendiri).

Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya PJB pada bayi, David mengingatkan bahwa pentingnya melakukan Antenatal Care (pemeriksaan kehamilan) yang teratur. Sebelum hamil, periksalah terlebih dulu kemungkinan adanya infeksi kuman atau virus tertentu untuk menghindari tertularnya infeksi pada janin selama kehamilan. Dan yang paling utama adalah hindari mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu, alkohol, dan merokok - termasuk perokok pasif.

Juga, lakukan diet sehat dan konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. ?Kurangnya gizi pada BuMil juga dapat menyebabkan kelainan jantung bawaan karena menyebabkan pembentukan dan perkembangan organ yang tidak sempurna,? tegas David. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment