Thursday, July 18, 2013

Aktif di Usia Senja, Jangan Lupakan Vitamin D

Aktif di Usia Senja, Jangan Lupakan Vitamin DBANYAK orang dewasa mengkhawatirkan fisik mereka tidak fit dan bugar sewaktu memasuki usia tua. Namun, Anda tidak perlu cemas, karena vitamin D bisa menjadi kunci dalam membantu Anda tetap fit dan aktif di usia tua.

Hal ini berdasarkan penelitian yang menemukan bahwa orangtua yang kekurangan vitamin D cenderung lebih berusaha keras dalam mengerjakan rutinitas sehari-harinya karena tubuhnya kurang bugar dan fit. Selain itu, penelitian yang dilakukan para ilmuwan tersebut juga menemukan sebanyak 90 % orangtua kekurangan vitamin D.

Lebih lanjut, vitamin D adalah hormon yang diproduksi  di kulit dengan menggunakan energi dari sinar matahari dan sangat penting bagi kesehatan tulang. Sementara, para ilmuwan mengatakan, bersamaan dengan kesehatan tulang yang buruk, maka kelelahan otot adalah gejala umum pada pasien yang kekurangan vitamin D.

Peneliti dari VU University Medical Centre Amsterdam, Dr Evelien Sohl mengatakan, usia yang memiliki tingkat vitamin D rendah, cenderung lebih memiliki keterbatasan mobilitas dan mengalami penurunan fungsi fisik dari waktu ke waktu.

?Temuan menunjukkan kadar vitamin D yang rendah pada orangtua dapat menyebabkan penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari serta menghadapi resiko kematian yang lebih tinggi,?ujar Dr. Sohl, dikutip Express.

Selanjutnya, para ilmuwan merekomendasikan agar seseorang keluar di bawah sinar matahari secara teratur, sehingga sekira 90 % asupan vitamin D berasal dari sinar matahari selain dari suplemen. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment