Thursday, July 18, 2013

Agar Puasa Lancar, Albern "L-Men" Sarankan Makanan Berkarbohidrat Kompleks

  Agar Puasa Lancar, Albern "L-Men" Sarankan Makanan Berkarbohidrat KompleksBANYAK cara agar seseorang bisa lancar menjalani puasa. Salah satunya membekali asupan saat sahur dengan makanan berkarbohidrat kompleks.
 
Hal ini rupanya diamini oleh Albern Sultan, pemenang L-Men of the Year 2013. Ia menerangkan bahwa makanan berkarbohidrat bisa memuluskan puasa seseorang dengan membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Baginya makanan berkarbohidrat kompleks bisa menjadi pilihan menu makanan yang baik bagi yang menjalani puasa, terutama saat sahur. Hal ini karena saat seseorang mengonsumsi makanan jenis itu, rasa kenyang setelah sahur bisa jadi lebih tahan lama dibandingkan makan-makanan biasa.
 
"Agar puasa bisa lancar, pada dasarnya sama saja, yakni jangan melewatkan makanan berat saat berbuka dan sahur. Namun menurut saya, saat hidangan sahur harus lebih berkualitas (dibanding hidangan berbuka), terpenting lagi harus ada makanan berkarbohidrat kompleks. Ini karena makanan berkarbohidrat kompleks lebih lama diolah dalam tubuh, hingga membuat rasa kenyang seorang yang menjalani puasa jadi lebih lama dibanding mengonsumsi makananan berkarbohidrat biasa. Sehingga, stamina tubuh Anda yang menjalani puasa  tidak mudah turun ditengah-tengah aktivitas," katanya saat berbincang-bincang dengan Okezone setelah acara Live Chat Bersama L-Men of the Year 2013, Albern Sultan, di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, 17 Juli 2013
 
Dia menambahkan makanan berkarbohidrat kompleks yang bisa konsumsi ialah nasi merah, roti gandum, kacang polong plus makanan berprotein yang memberikan tambahan energi. Kemudian pilihan makanan protein sendiri,  anak kedua dari empat bersaudara ini mengajurkan untuk mengonsumsi daging ditambah aneka asupan protein. Menurutnya bila asupan itu dikonsumsi, puasa bukan lagi sebuah halangan untuk menjalani segala rutinitas sehari-hari.
 
"Saya sarankan mengonsumsi dada ayam saat sahur. Dan mengapa dada? karena dada memiliki kandungan protein yang banyak dan rendah lemak. Berbeda dengan bagian lainnya yang cenderung banyak lemaknya. Kemudian, juga Anda bisa mengonsumsi susu kasein atau susu bernilai tinggi protein setelah itu. Terus juga mengonsumsi vitamin B kompleks, dimana kedua komponen itu membantu memberikan lebih banyak energi bagi orang yang menjalankan puasa. Sehingga stamina terus on dan masa otot seluruh tubuh tetap terjaga," tutup pria yang sedang gencar meng-edukasi masyarakat tentang gaya hidup sehat ini.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment