Monday, July 1, 2013

Perbanyak Serat Bantu Turunkan Kolesterol

Perbanyak Serat Bantu Turunkan KolesterolKOLESTEROL yang tinggi bisa memicu seseorang terkena penyakit jantung. Karenanya, cerdas menjaga kadar kolesterol membuat Anda terhindar dari ancaman tersebut.

Seperti yang diketahui, kolesterol yang tak terkontrol bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit jantung koroner dimana penyakit ini merupakan salah satu penyumbang terbesar kematian di Indonesia.

Dengan demikian, sangat penting mengetahui cara mengontrol dan menurunkan kolesterol ini. Lewat informasi yang Anda miliki, hal tersebut bisa jadi bekal bagi Anda untuk mengambil langkah preventif untuk menghindari risiko tersebut.

Lantas, apa saja tip untuk mengontrol dan menurunkan kolesterol? Berikut, ulasannya seperti dilansir Ehow.

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh

Kolesterol diproduksi dari lemak jenuh. Bila Anda memiliki kadar kolesterol yang stabil, itu ialah hasil dari diet kontrol makanan tinggi lemak jenuh. Karenanya, usahakan untuk menghindari makanan lemak jenuh, seperti makanan olahan, produk hewani tinggi seperti daging sapi dan kulit ayam, agar kadar kolesterol Anda tetap rendah.

Konsumsi makanan kaya serat

Untuk mengontrol atau menurunkan kadar kolesterol, Anda harus makan lebih banyak makanan yang mengandung serat. Anda  bisa mengonsumsi aneka makanan seperti gandum, roti dan sereal. Makanan ini tak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol Anda, tapi juga menurunkan jumlah kalori yang sudah Anda konsumsi. Hal ini penting karena seperti yang diketahui kelebihan kalori secara alami bisa membuat kalori tersebut menjadi tumpukan lemak dalam tubuh. Dan bila Anda sudah memiliki terlalu banyak lemak berlebih, risiko memiliki kadar kolesterol yang tinggi juga meningkat.

Perbanyak makan sayur dan buah

Kol, wortel, mentimun dan sayuran berdaun hijau harus ada dalam menu harian bila  Anda ingin menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Selain sayuran, Anda juga harus mengonsumsi buah-buahan segar. Pasalnya, kadar lemak makanan ini sangat rendah dan juga mengandung  mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh dalam beraktivitas.

Makan ikan dan daging tanpa lemak

Proporsional dalam pengelolaan menu makan harian juga mencakup mengonsumsi ikan dan daging tanpa lemak. lalu, Anda bisa menemukannya pada ikan salmon dan tuna, yang kaya asam lemak omega-3. Nutrisi ini penting untuk kebutuhan tubuh dan menghilangkan kolesterol yang berlebihan.

Makan dengan porsi yang tepat

Porsi makan yang tepat dapat menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol Anda. Kemudian, sangat dianjurkan agar Anda membaca label makanan atau mengetahui tingkat berbagai nutrisi dalam makanan tertentu sebelum dimakan dimana secara umum asupan per hari yang dapat Anda konsumsi ialah enam sampai tujuh porsi sereal, tiga sampai lima porsi sayuran, dan dua untuk empat porsi buah per hari untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment