Saturday, July 6, 2013

Cara Sederhana Atasi Penyakit Paru-Paru

Cara Sederhana Atasi Penyakit Paru-ParuUNTUK mengatasi penyakit pernapasan seperti paru-paru, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) dan asma tidak hanya dilakukan dengan teknik fisioterapi. Rupanya, terdapat cara lain yang lebih sederhana dan menyenangkan, namun hasilnya tetap positif.

Para dokter di Rumah Sakit Royal Brompton, London, memulai program mengatasi permasalahan pernapasan dengan bernyanyi. Mereka mempunyai pemikiran bahwa jenis pernapasan yang digunakan oleh penyanyi juga dapat membantu pasisen paru-paru.

?Karena banyak orang menyukai bernyanyi, kami pikir itu akan membantu mereka mengontrol pernapasan dengan sesuatu yang menyenangkan. Hal ini juga positif daripada teknik fisioterapi standar,? tutur Dr. Nicholas Hopkinson, seorang chest physician, dikutip Foxnews.

Lebih lanjut, orang dengan penyakit PPOK mengalami hambatan aliran udara di saluran pernapasan, sehingga banyaknya udara yang masuk dan keluar terbatas. Hopkinson mengatakan, beberapa orang mulai bernapas sangat cepat atau napas pendek sehingga membuat mereka lebih sulit bernapas.

Hopkinson dan rekan-rekannya memang belum menemukan banyak peningkatan kinerja fungsi paru-paru pada uji coba pernapasan tes tersebut. Namun, Hopkinson mengatakan, dengan menyanyi bisa mengajarkan mereka untuk mengatur pernapasan sehingga lebih mudah bernapas.

Dia juga menuturkan dalam penelitiannya, pasien yang melakukan tes dengan bernyanyi merasa lebih baik secara fisik dibandingkan dengan pasien yang hanya menghadiri diskusi tentang film. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment