Friday, August 2, 2013

Waspadai Kanker Usus Besar, Pembunuh Diam-diam di Perut Anda

Waspadai Kanker Usus Besar, Pembunuh Diam-diam di Perut AndaPERNAHKAH Anda mengalami pendarahan saat buang air besar, beberapa waktu kemudian darahnya semakin banyak dan diselingi nafsu makan hilang? Bila iya, berhati-hatilah. Mungkin Anda sudah terkena kanker usus besar.
 
Dr. Dean Koh, Ahli Bedah dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapor,  menjelaskan bahwa tanda-tanda seseorang mengalami kanker usus besar, antara lain kesulitan buang air besar disertai dengan pendarahan. Setelah itu, pada beberapa waktu kemudian darahnya semakin banyak diiringi dengan penglihatan kabur dan nafsu makan hilang.
 
Penyakit ini harus diwaspadai sejak dini. Sebab banyak orang tak menyadari bahwa mereka ternyata memiliki tumor dalam usus besarnya. Mereka hanya berpikir bahwa efek darah yang dirasakannya hanyalah karena penumpukan tinja dan sepele, padahal secara medis merupakan tanda adanya gangguan dalam usus besar.
 
?Banyak penderita kanker usus besar tidak sadar bahwa mereka terjangkit penyakit tersebut. Dan akhirnya sampai penyakit itu semakin parah," katanya seperti pressrealease yang diberikan kepada Okezone, baru-baru ini.
 
Kanker kolorektal sendiri tidak berkembang dalam semalan, tambah Dr. Koh, setidaknya dibutuhkan sekitar dua tahun atau lebih untuk berkembang biak. Di mana awalnya kanker ini tumbuh secara jinak-- biasanya disebut polip- pada lapisan usus. Kemudian, polip tidak mendapatkan kesempatan untuk berubah menjadi kanker. Meski begitu, menurutnya pemeriksaan terhadap usus sangat penting apalagi untuk orang-orang yang memiliki riwayat kanker usus.

"Bagi yang memiliki riwayat keluarga yang kuat dengan kanker usus besar, sangat disarankan untuk menjalani pemeriksaan. Hal ini bertujuan untuk bisa mencegah sel tumor dalam usus tidak berkembang biak. Terutamanya bagi mereka yang sudah berusia diatas 50 tahun," imbuh Dr. Koh.
 
Sementara itu, Dr. Koh menyarankan bagi siapa saja yang sudah memiliki darah di tinjanya untuk memeriksakan langsung ke dokter. Tujuannya agar bisa mencegah kanker usus besar tinggal dan tumbuh di sana.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment