Wednesday, August 7, 2013

Kiat Atasi Speech Delay Anak

Kiat Atasi Speech Delay AnakANAK telat berbicara ialah hal yang ditakutkan , tapi tak usah cemas. Anda bisa mendeteksi itu lewat Kuesioner Pra Skrining Perkembangan anak (KPSP)

Hal itu seperti diungkap Dr. Piprim B. Yanuarso SpA(K) seorang dokter spesialis anak RS. Cipto Mangunkusumo. Dia menjelaskan bahwa untuk bisa mengetahui apakah mengalami telat berbicara dengan memantau perkembangan sesuai umur melalui KPSP, terutama kemampuan berbahasanya.

"Bila anak sudah berumur dua tahun minimal ia, sudah mengatakan ' Aku mau pipis' atau 'aku mau kue'. Pokoknya khazanah pembendarahaan katanya sekitar 100 kata. Patokan sederhananya seperti itu bila ingin mengetahui apakah anak Anda mengalami gangguan speech delay atau tidak, tetapi secara spesifik Anda bisa dipantau melalui kesioner Pra Skrining Perkembangan aAnak," katanya kepada Okezone dalam acara yang bertema SOHO Group #Better U: Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil, Gedung Koran SINDO, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sementara untuk upaya pengobatannya, kata di, harus dilakukan terapi oleh para dokter spesialis. Di mana semakin cepat anak diambil penanganan pengobatan, akan semakin cepat ia cepat sembuh.

"Meski banyak penyebab seorang anak mengalamspeech delay. Satu hal yang harus disadari para , telat bicara itu karena kurang mengstimulasi anak. Karenanya, harus banyak mengasah kemampuan berbahasanya dengan mengajak ia berbicara, menceritakan dongeng cerita kepadanya. Minimal si anak pasti akan terpancing untuk berbicara," terangnya. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment