Wednesday, August 14, 2013

Tangkal Risiko Stroke dengan Diet Mediterania

Tangkal Risiko Stroke dengan Diet MediteraniaDIET mediterania sudah diketahui lama banyak memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya yang terbaru ialah bisa menangkal risiko genetik seseorang mengalami stroke.

Dalam hasil penelitian ini, para peneliti menyelidiki apakah diet mediterania memiliki manfaat langsung dalam menghentikan risiko gen stroke seseorang. Di mana lebih dari 7.000 pria dan wanita dari Spanyol ditugaskan peneliti untuk mengonsumsi makanan ala diet mediterania selama lima tahun. Kemudian, selama masa penelitian tersebut, para peserta diberikan kuesioner mengenai intensitas memakan diet mediterania yang dihubungkan gejala penyakit kardiovaskular, stroke dan serangan jantung.

Kondisi itu bisa terjadi, pasalnya tim peneliti memercayai bahwa gen seseorang berkaitan dengan risiko penyakit diabetes- kardiovaskular itu dipengaruhi dari perubahan pola makan seseorang.

Setelah menganalisis hasil penelitian selama lima tahun, para peneliti menemukan bahwa orang dengan teridentifikasi memiliki potensi stroke mengalami sejumlah penurunan risiko saat mereka mengandalkan diet mediterania sehari-hari.

Ose Ordovos selaku Direktur Nutrisi dan Laboratorium Genomics di USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University berteori, penambahan minyak zaitun extra dan kacang-kacangan dan makanan tradisional sehat lainnya menyebabkan seseorang yang memiliki gen stroke tak berkembang.

"Dalam banyak hasil penelitian, minyak zaitun sudah dikatakan memiliki lemak makanan yang sangat sedikit, dimana minyak ini memiliki unsur-unsul lain dan antioksidan yang bisa menguntungkan untuk kesehatan tubuh seseorang, " kata Ordovos, sebagaimana dilansir Foxnews.

Sedangkan kacang, kata dia, mereka kaya akan lemak tapi juga komponen kecil bisa memengaruhi ekspresi seseorang yang memiliki gen stroke, yakni menangkal peradangan dalam pembuluh darah.

Bagi yang ingin mendapat khasiat dari diet ini, Ordovos menyarankan tak perlu harus mengikut diet mediterania sehari-hari, namun cukup mencoba menambahkan beberapa item diet mediterania ke dalam menu makanan sehari-hari. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment