Wednesday, August 14, 2013

Hindari Demensia, Jaga Kadar Gula Darah

Hindari Demensia, Jaga Kadar Gula DarahKADAR gula darah yang tinggi tampaknya berkaitan dengan peningkatan risiko demensia. Bahkan, hal ini bisa dialami oleh orang-orang yang tidak mempunyai diabetes.

Hal ini seperti diungkapkan dalam sebuah penelitian dari Group Health Research Institute dan the University of Washington, Amerika Serikat. Para peneliti melihat data dari 2.000 pasien berusia 65 tahun atau lebih, di mana mereka turut serta dalam penelitian untuk mencari faktor risiko penurunan kognitif sejak 1994.

Lebih lanjut, para peneliti menemukan rata-rata kadar gula darah yang tinggi selama periode lima tahun secara signifikan berkaitan dengan risiko demensia. Misalnya, orang tanpa diabetes dengan tingkat rata-rata kadar gula darah 115mg/dl, sebanyak 18 persen lebih mungkin didiagnosis demensia dibandingkan hanya 100mg/dl.

?Temuan paling menarik adalah setiap tingkat glukosa secara bertahap yang lebih tinggi berkaitan dengan risiko lebih tinggi terhadap demensia pada orang yang tidak menderita diabetes,? papar Dr Paul Crane, dikutip Netdoctor.

Sementara itu, penelitian yang dipublikasikan dalam the New England Journal of Medicine mencatat, kadar gula darah juga dipengaruhi beberapa faktor, tidak hanya dari pola makan seseorang. Selain itu, para peneliti mengatakan, untuk mengurangi risiko demensia dapat dilakukan dengan berjalan kaki.

(tty)

»

0 comments:

Post a Comment