Monday, August 5, 2013

Miliki Kista, Bisakah Wanita Punya Keturunan?

Miliki Kista, Bisakah Wanita Punya Keturunan?MUNGKIN banyak dari wanita yang mempunyai penyakit kista sulit memperoleh keturunan. Bahkan timbul pertanyaan, apakah wanita dengan penyakit kista masih bisa punya keturunan? Lalu bagaimana solusinya? Ulasan berikut membantu Anda.

Menurut Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG, kista mempunyai definisi kantung di dalam tubuh manusia yang berisi cairan. Kemudian, kista di ovarium juga bisa bermacam macam kausa dan patologinya, dan tidak semua kista akan menyebabkan masalah.

"Tidak semua kista akan menetap dan berkaitan dengan keganasan. Tetapi kista yang berasal dari proses penyakit yang bernama endometriosis memang akan meningkatkan resiko ketidak suburan secara cukup signifikan,"ujar Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG kepada Okezone melalui sambungan elektronik, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bila ditemukan kista cokleat atau kista endometriosis, umumnya kista ini akan menimbulkan gejala nyeri pada saat haid, walaupun tidak semua wanita memiliki gejala ini.

Dia juga menambahkan, saat ini kista dapat ditangani dengan mudah dengan tindakan minimal invasif seperti bedah laparoskopi atau bedah robotik yang akan mmembantu mebersihkan jaringan semaksimal mungkin.

"Pascatindakan, umumnya 70% wanita dapat hamil secara natural dalam kurun waktu 12 bulan. Apabila pada kondisi yang cukup berat, program kehamilan dapat dibantu dengan teknologi reproduksi berbantu ( TRB) seperti inseminasi atau bayi tabung," tutupnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment