Wednesday, August 14, 2013

Obat Hipertensi Sebabkan Kanker Payudara?

Obat Hipertensi Sebabkan Kanker Payudara?KANKER payudara menjadi salah satu penyakit mematikan bagi wanita berusia tua. Pemakaian obat tekanan darah tinggi dalam jangka panjang atau disebut calcium-channel blockers menjadi penyebabnya.

Hal tersebut seperti dikatakan para peneliti dari the Fred Hutchinson Cancer Research Center. Mereka mewawancarai 2.763 wanita di the Puget Sound Area mengenai jenis obat yang dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hasilnya, dua pertiga di antaranya mengalami kanker payudara dan hanya calcium-channel blockers yang ditemukan berkaitan dengan kanker payudara.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan proporsi wanita yang memiliki kanker payudara adalah dua kali lipat pada kelompok yang sudah mengonsumsi obat tersebut selama 10 tahun atau lebih. Sementara yang termasuk calcium-channel blockers, yaitu amplodipine (Norvasc) dan diltiazem (Cardizem).

Terlepas dari korelasi tersebut, peneliti mengatakan bahwa studi ini tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat antara obat dan kanker payudara karena belum ada uji coba secara acak, sementara studi sebelumnya telah menemukan hasil yang bertentangan. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membentuk suatu hubungan yang pasti.

?Ini adalah beberapa temuan menarik, tetapi kami tidak berpikir mereka harus mengubah praktik klinis saat ini dengan acara apa pun,? kata Christopher Li, peneliti utama studi dan seorang ahli epidemiologi di Hutch, dikutip Sunherald.

Sementara itu, dia memperingatkan bahwa kebiasaan minum obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi ini melebihi risiko yang mungkin timbul seperti dalam penelitian. Dia pun menegaskan, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah, jantung, dan ginjal yang dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung koroner, dan masalah ginjal.

(tty)

»

0 comments:

Post a Comment