Saturday, August 3, 2013

Bahaya Lain dari Penyakit Menular Seksual ( HPV)

Bahaya Lain dari Penyakit Menular Seksual ( HPV)HPV atau penyakit infeksi menular seksual memang benar-benar harus dihindari. Betapa tidak, studi menemukan penyakit ini bisa menyebabkan kanker serviks. Enggak percaya?  
Ya, dalam jurnal  PLoS ONE dikatakan bahwa HPV bisa menyebabkan perempuan mengalami kanker serviks. Tak hanya itu, bila seseorang mengalami tiga kali HPV kondisi itu bisa membuat ia mengalami esophageal squamous cell carcinoma (OSCC), bentuk paling umum dari kanker kerongkongan.
 
"OSCC sendiri penyakit yang bisa fatal bila terjadi pada seseorang, sebab sel kanker jenis akan memengaruhi kesehatan kerongkongan Anda. Seperti yang diketahui kerongkongan merupakan penghubungan antara tenggorokan ke perut. Tentu ini sangat berbahaya," kata rekan penulis studi Surabhi Liyanage, seorang kandidat PhD di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komunitas di UNSW Medicine. Pada 2013 saja, ada sekitar 17.990 kasus baru itu di AS dan diperkirakan 15.210 kematian, menurut National Cancer Institute. "OSCC adalah kanker yang kompleks dengan berbagai penyebab, seperti alkohol, merokok, dan diet," tambah Liyanage, sebagaiman dilansir Womenshealth.
 
Pada kesimpulan penelitian, peneliti menjelaskan bahwa HPV merupakan peyebab terbesar terjadinya OSCC ini. Meski begitu, Anda sendiri tak perlu cemas menghadapinya. Sebab dengan Anda mendapat vaksin HPV, Anda akan terlindungi dari dua jenis utama virus yang menyebabkan kanker serviks dan dan OSCC.
 
 "Kami menemukan adanya hubungan yang kuat antara HPV dan OSCC  dalam penelitian ini. Dan kami juga mendapatkan bahwa vaksinasi HPV mungkin memiliki peran dalam mengurangi prevalensi kanker terkait HPV lainnya, termasuk OSCC. Kendati hal ini perlu dikaji lebih lanjut," tungkas Liyanage.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment