Monday, August 5, 2013

Keputihan Tak Kunjung Henti, Segera Periksa Ke Dokter

Keputihan Tak Kunjung Henti, Segera Periksa Ke DokterVAGINA merupakan organ reproduksi wanita yang sangat rentan terhadap infeksi. Paling sering infeksi yang terjadi pada wanita adalah keputihan. Lalu bagaimana bila wanita selalu mengalami keputihan terus-menerus?

Keputihan atau dalam istilah kedokteran disebut leukorea, white discharge, fluor albus merupakan gejala penyakit dengan ditandai keluarnya cairan dari organ reproduksi, namun bukan berupa darah.

Menurut Vice President Director Pt. Bundamedik, Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG, keputihan adalah salah satu gejala reaksi inflamasi /peradangan lokal di daerah kemaluan.

"Keputihan bisa disebabkan oleh proses infeksi, baik karena bakteri atau dari jamur, serta perubahan pH dan juga tanda dari proses penyakit dari keganasan," ujar Dr. Ivan R. Sini, MD FRANZCOG GDRM SpOG kepada Okezone melalui sambungan elektronik, belum lama ini.

Namun, menurut Dr. Ivan, kita tidak bisa langsung memberikan assesment sendiri bila keputihan terjadi secara terus-menerus, "Sebelum memberikan assesment sendiri dianjurkan untuk berobat ke dokter kandungan untuk dilihat dahulu dengan pemeriksaan spekulum, USG transvaginal, kultur dan pap smear," jelasnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment