Wednesday, August 14, 2013

Kurangi Konsumsi Garam Bikin Jantung Sehat

Kurangi Konsumsi Garam Bikin Jantung SehatPENYAKIT jantung atau stroke masih menjadi penyebab utama kematian yang menakutkan. Namun, sebuah langkah sederhana dapat mengurangi kematian akibat kedua penyakit tersebut setiap tahun.

Hal ini diungkapkan Profesor Ivan Perry dalam sebuah penelitian. Menurutnya, mengurangi konsumsi garam, lemak jahat, dan lemak jenuh dalam makanan olahan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

?Selain itu, dengan makan lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran dapat membantu mengurangi tingkat kematian secara drastis akibat kedua penyakit tersebut,? ungkap Profesor Perry, dikutip Herald.

Selain itu, dalam penelitian tersebut dijelaskan bukti baru yang menunjukkan satu dari empat kematian akibat penyakit jantung dan stroke dapat dicegah. Profesor Perry yang juga Kepala Health Research Board (HRB) Centre for Diet and Health mengatakan bahwa orang-orang di negaranya, Irlandia akan jauh lebih sehat dari langkah-langkah sederhana.

Dia juga mengatakan, ada kesempatan yang signifikan bagi pemerintah dan industri untuk mengurangi tingkat kematian dengan membuat buah dan sayuran lebih terjangkau, serta mengurangi kadar garam dalam makanan olahan.

?Sebanyak 1.070 kematian akibat penyakit jantung dan stroke dapat dicegah setiap tahun dengan mengurangi asupan garam hingga 3 gram per hari, serta mengurangi lemak jahat dan lemak jenuh, juga tiga porsi tambahan buah dan sayuran per hari,? tambahnya.

(tty)

»

0 comments:

Post a Comment