Tuesday, August 13, 2013

Hanya Begini, Diabetesi Bebas Risiko Ginjal

Hanya Begini, Diabetesi Bebas Risiko Ginjal PENYAKIT ginjal memang berbahaya dan potensi mendera penyandang diabetes tipe-2. Namun, hanya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari minuman beralkohol, Anda bakal terbebas dari masalah tersebut.

Hal tersebut dibuktikan oleh para peneliti McMaster University, Kanada yang mempelajari 6.213 orang dengan diabetes tipe-2 sekira lima setengah tahun. Selama kurun waktu tersebut, sebanyak 31,7 persen pasien mengidap penyakit ginjal kronis dan 8,3 persen meninggal dunia.

Para peneliti juga menemukan, orang yang menjalani gaya hidup sehat secara signifikan lebih kecil mengalami penyakit ginjal, serta  mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit tersebut dibandingkan mereka yang memiliki kebiasaan hidup tidak sehat.

Mereka mencontohkan, pasien yang makan lebih dari tiga porsi buah dalam sepekan kemungkinannya lebih kecil mengalami penyakit ginjal dibandingkan yang jarang mengonsumsinya. Sementara itu, menghindari minuman beralkohol juga berkaitan dengan penurunan risiko penyakit ginjal.

?Diet sehat dan mengurangi minuman alkohol dapat menurunkan kejadian atau perkembangan penyakit ginjal kronis pada individu dengan diabetes tipe 2,? jelas peneliti, dikutip Netdoctor.

Sementara itu, Dr Holly Kramer dari Loyola University dan Dr Alex Chang dari Universitas Johns Hopkins mengatakan, saran diet terbaik bagi penyandang diabetes tipe-2 sama seperti orang lain pada umumnya.

?Konsumsi makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, biji-bijian, serta mengurangi jumlah konsumsi lemak jenuh,? tutupnya.

(tty)

»

0 comments:

Post a Comment